Al-Qur'an Adalah Wahyu dari Allah

Al-Quran atau Quran (bahasa Arab : al-Qur’ān) ialah kitab suci bagi umat Islam. Menurut ajaran Islam, al-Quran ialah wahyu yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. melalui perantaraan malaikat Jibril yang sampai ke zaman sekarang secara mutawatir. Perihal diturunkan al-Quran mempunyai kaitan rapat dengan Lailatul Qadar. Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad secara berangsur-angsur selama 23 tahun.

Al-Quran Adalah Wahyu dari Allah
Dalam salah satu ayat yang terdapat di dalam Al-Quran Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan adz-Dzikr (Al-Qur’an), dan kamilah yang akan menjaganya”. (AL Hijr 15:9)

Lafaz al-Quran dari segi bahasa adalah bacaan atau himpunan huruf dan kalimah. Ini berdasarkan firman Allah :
"Sesungguhnya Kamilah Yang berkuasa mengumpulkan al-Quran itu (dalam dadamu), dan menetapkan bacaannya (pada lidahmu); Oleh itu, apabila Kami telah menyempurnakan bacaannya (kepadamu, Dengan perantaraan Jibril), maka bacalah menurut bacaannya itu." (surah al-Qiyamah, 75:17-18)

Manakala dari segi istilah pula, al-Quran ialah kalam Allah yang bermukjizat diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. melalui perantaraan Malaikat Jibril dalam bahasa Arab, diriwayatkan secara mutawatir dan membaca setiap hurufnya adalah ibadah, bermula dari surah al-Fatihah dan berakhir dengan surah an-Naas.

Bukti Al-Qur'an Datang Dari Allah
Mengenai bukti bahawa Al-Quran itu datang dari Allah, dapat dilihat dari kenyataan bahawa Al-Quran adalah sebuah kitab berbahasa Arab yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam. Dalam menentukan dari mana asal Al-Quran, akan kita dapatkan tiga kemungkinan.

Pertama, kitab itu merupakan karangan orang Arab.
Kedua, karangan Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam.
Ketiga, berasal dari Allah subhanahu wa ta'ala saja.

Tidak ada lagi kemungkinan selain dari yang tiga ini. Sebab Al-Quran adalah khas Arab, baik dari segi bahasa maupun gayanya.

Kemungkinan pertama yang mengatakan bahwa Al-Quran adalah karangan orang Arab merupakan kemungkinan yang tertolak. Dalam hal ini Al-Quran sendiri telah menentang mereka untuk membuat karya yang serupa. Sebagaimana tertera dalam ayat :
“Katakanlah: ‘Maka datangkanlah sepuluh surat yang (dapat) menyamainya” (Surah Hud 13).

Di dalam ayat lain :
“Katakanlah: (‘Kalau benar apa yang kamu katakan), maka cobalah datangkan sebuah surat yang menyerupainya” (Surah Yunus 38).

Orang-orang Arab telah berusaha keras mencobanya, akan tetapi tidak berhasil. Ini membuktikan bahwa Al-Quran bukan berasal dari perkataan mereka. Mereka tidak mampu menghasilkan karya yang serupa, ada tentangan dari Al-Quran dan usaha dari mereka untuk menjawab tentangan itu. Kemungkinan kedua yang mengatakan bahwa Al-Quran itu karangan Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam., adalah kemungkinan yang juga tidak dapat diterima oleh akal. Sebab, Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. adalah orang Arab juga. Bagaimanapun cerdiknya, tetaplah ia sebagai seorang manusia yang menjadi salah satu anggota dari masyarakat atau bangsanya. Selama seluruh bangsa Arab tidak mampu menghasilkan karya yang serupa, maka masuk akal pula apabila Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. yang juga termasuk salah seorang dari bangsa Arab tidak mampu menghasilkan karya yang serupa. Oleh kerana itu, jelas bahwa Al-Quran itu bukan karangan Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam.. Terlebih lagi dengan banyaknya hadis shahih yang berasal dari Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. yang sebagian malah diriwayatkan lewat cara yang tawatur, yang kebenarannya tidak diragukan lagi. Apabila setiap hadis dibandingkan dengan ayat manapun dalam Al-Quran, maka tidak akan dijumpai adanya kemiripan dari segi gaya bahasanya. Padahal Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam., disamping selalu membacakan setiap ayat-ayat yang diterimanya, dalam waktu yang bersamaan juga mengeluarkan hadis. Namun, ternyata keduanya tetap berbeda dari segi gaya sasteranya. Bagaimanapun kerasnya usaha seseorang untuk menciptakan berbagai macam gaya bahasa dalam pembicaraannya, tetap saja akan terdapat kemiripan antara gaya yang satu dengan yang lain. Kerana semua itu merupakan bagian dari ciri khasnya dalam berbicara. Oleh kerana memang tidak ada kemiripan antara gaya bahasa Al-Quran dengan gaya bahasa hadis, bererti Al-Quran itu bukan perkataan Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. Sebab, pada masing-masing keduanya terdapat perbezaan yang tegas dan jelas. Itulah sebabnya tidak seorang pun dari bangsa Arab, orang-orang yang paling tahu gaya dan sastera bahasa arab, pernah menuduh bahwa Al-Quran itu perkataan Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. atau mirip dengan gaya bicaranya. Satu-satunya tuduhan yang mereka lontarkan adalah bahawa Al-Quran itu dicipta Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. dari seorang pemuda Nasrani yang bernama Jabr. Tuduhan ini pun telah ditolak keras oleh Allah subhanahu wa ta'ala dalam firman-Nya :
“(Dan) Sesungguhnya Kami mengetahui mereka berkata: ‘Bahwasanya Al-Quran itu diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad). Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa) Muhammad belajar kepadanya (adalah) bahasa ‘ajami (bukan-Arab), sedangkan Al-Quran itu dalam bahasa arab yang jelas” (Surah An-Nahl 103).

Jika telah terbukti bahwa Al-Quran itu bukan karangan bangsa Arab, bukan pula karangan Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam., maka sesungguhnya Al-Quran itu adalah firman Allah, kalamullah, yang menjadi mukjizat bagi orang yang membawanya.

Nama-nama al-Quran
Allah  memberi nama Kitab-Nya dengan Al Qur’an yang berarti "bacaan". Arti ini  dapat kita lihat dalam surat  (75) Al Qiyaamah; ayat 17 dan 18 sebagaimana tersebut di atas. Nama  ini dikuatkan oleh ayat-ayat yang terdapat dalam surat  (17) Al lsraa’ ayat 88; surat  (2) Al Baqarah ayat 85; surat  (15) Al Hijr ayat 87; surat  (20) Thaaha ayat 2; surat  (27) An Naml ayat 6; surat (46) Ahqaaf ayat 29; surat (56) Al Waaqi’ah  ayat 77; surat  (59) Al Hasyr ayat 21 dan surat (76) Addahr ayat 23.

Menuru pengertian ayat-ayat di atas Al Qur’an itu dipakai sebagai nama bagi Kalam  Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam.

Selain Al Qur’an, Allah juga memberi beberapa nama lain bagi Kitab-Nya, seperti :
 1. Al  Kitab atau Kitaabullah: merupakan synonim dari perkataan Al Qur’an, sebagaimana tersebut dalam surat  (2) Al Baqarah ayat 2 yang artinya; "Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada  keraguan padanya…." Lihat pula surat  (6) Al An’aam ayat 114.
 2. Al  Furqaan: "Al Furqaan" artinya: "Pembeda", ialah "yang membedakan yang  benar dan yang batil", sebagai tersebut dalam surat (25) Al Furqaan ayat 1 yang artinya: "Maha Agung (Allah) yang telah  menurunkan Al Furqaan, kepada hamba-Nya, agar ia menjadi peringatan kepada  seluruh alam"
3. Adz-Dzikir. Artinya: "Peringatan". sebagaimana yang tersebut dalamsurat  (15) Al Hijr ayat 9 yang artinya: Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan  "Adz-Dzikir dan sesungguhnya Kamilah penjaga-nya" (Lihat pula surat (16)  An Nahl ayat 44. Dari nama yang tiga tersebut di atas, yang paling masyhur  dan merupakan nama khas ialah "Al Qur’an". Selain dari nama-nama yang tiga  itu dan lagi beberapa nama bagi Al Qur’an. lmam As Suyuthy dalam kitabnya  Al Itqan, menyebutkan nama-nama Al Qur’an, diantaranya: Al Mubiin, Al  Kariim, Al Kalam, An Nuur.

Sifat Al-Qur'an
an-Nuur bermaksud cahaya yang menerangi kegelapan. Al-Quran disifatkan sebagai nur (cahaya) kerana ia memberikan cahaya keimanan kepada orang yang berada di dalam kegelapan serta kekufuran. Selain itu, al-Quran juga menjadi cahaya yang menerangi jiwa orang yang selalu membacanya dan menghayati isi kandungannya. Firman Allah :
"Wahai sekalian umat manusia! Sesungguhnya telah datang kepada kamu: Bukti dari Tuhan kamu, dan Kami pula telah menurunkan kepada kamu (Al-Quran sebagai) Nur (cahaya) Yang menerangi (segala apa jua Yang membawa kejayaan di dunia ini dan kebahagiaan Yang kekal di akhirat kelak)." (surah an-Nisaa’ 4:174)

al-Mubiin bermaksud menerangkan sesuatu. Al-Quran disifatkan sebagai penerang kerana ia menghuraikan ajaran Islam kepada seluruh umat. Firman Allah :
"Wahai ahli Kitab! Sesungguhnya telah datang kepada kamu Rasul Kami (Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam) Dengan menerangkan kepada kamu banyak dari (keterangan-keterangan dan hukum-hukum) Yang telah kamu sembunyikan dari Kitab suci, dan ia memaafkan kamu (dengan tidak mendedahkan) banyak perkara (yang kamu sembunyikan). Sesungguhnya telah datang kepada kamu cahaya kebenaran (Nabi Muhammad) dari Allah, dan sebuah Kitab (Al-Quran) Yang jelas nyata keterangannya." (surah al-Maa’idah 5:15)

al-Huda bermaksud petunjuk. Al-Quran disifatkan sebagai petunjuk kerana ia menunjukkan jalan yang lurus kepada umat manusia. Firman Allah :
"Wahai umat manusia! Sesungguhnya telah datang kepada kamu Al-Quran Yang menjadi nasihat pengajaran dari Tuhan kamu, dan Yang menjadi penawar bagi penyakit-penyakit batin Yang ada di Dalam dada kamu, dan juga menjadi hidayah petunjuk untuk keselamatan, serta membawa rahmat bagi orang-orang Yang beriman." (surah Yunus 10:57)

ar-Rahmah bermaksud kerahmatan. Allah menyifatkan al-Quran sebagai rahmat kerana ia membawa rahmat kepada orang Mukmin yang sentiasa membaca, mempelajari dan mengamalkan isi kandungannya.
Firman Allah: "Wahai umat manusia! Sesungguhnya telah datang kepada kamu Al-Quran Yang menjadi nasihat pengajaran dari Tuhan kamu, dan Yang menjadi penawar bagi penyakit-penyakit batin Yang ada di Dalam dada kamu, dan juga menjadi hidayah petunjuk untuk keselamatan, serta membawa rahmat bagi orang-orang Yang beriman." (surah Yunus 10:57)

Bagaimanakah al-Quran itu Diwahyukan
Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. dalam hal menerima wahyu mengalami bermacam-macam cara dan  keadaan. di antaranya :
  • Malaikat memasukkan wahyu itu ke dalam hatinya. Dalam hal ini Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam.  tidak melihat sesuatu apapun, hanya beliau merasa bahwa itu sudah berada  saja dalam kalbunya. Mengenai hal ini Nabi mengatakan: "Ruhul qudus  mewahyukan ke dalam kalbuku", (lihat surah (42) Asy Syuura ayat (51).
  • Malaikat menampakkan dirinya kepada Nabi berupa seorang laki-laki yang mengucapkan kata-kata kepadanya sehingga beliau mengetahui dan hafal benar  akan kata-kata itu.
  • Wahyu datang kepadanya seperti gemerincingnya loceng. Cara inilah yang amat  berat dirasakan oleh Nabi. Kadang-kadang pada keningnya berpancaran  keringat, meskipun turunnya wahyu itu di musim dingin yang sangat.  Kadang-kadang unta beliau terpaksa berhenti dan duduk karena merasa amat  berat, bila wahyu itu turun ketika beliau sedang mengendarai unta. Diriwayatkan oleh Zaid bin Tsabit: "Aku adalah penulis wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah. Aku lihat Rasulullah ketika turunnya wahyu  itu seakan-akan diserang oleh demam yang keras dan keringatnya bercucuran  seperti permata. Kemudian setelah selesai turunnya wahyu, barulah beliau  kembali seperti biasa".
  • Malaikat menampakkan dirinya kepada Nabi, tidak berupa seorang laki-laki  seperti keadaan no. 2, tetapi benar-benar seperti rupanya yang asli. Hal  ini tersebut dalam Al Qur’an surah (53) An Najm ayat 13 dan 14. Artinya: Sesungguhnya Muhammad telah melihatnya pada kali yang lain (kedua). Ketika  ia berada di Sidratulmuntaha.
Hikmah  diturunkan al-Quran secara berangsur-angsur
Al  Qur’an diturunkan secara beransur-ansur dalam masa 22 tahun 2 bulan 22  hari atau 23 tahun, 13 tahun di Mekkah dan 10 tahun di Madinah. Hikmah Al Qur’an diturunkan secara beransur-ansur itu ialah :
  • Agar  lebih mudah difahami dan dilaksanakan. Orang tidak akan melaksanakan  suruhan, dan larangan sekiranya suruhan dan larangan itu diturunkan sekaligus banyak. Hal ini disebutkan oleh Bukhari dan riwayat ‘Aisyah r.a.
  • Di  antara ayat-ayat itu ada yang nasikh dan ada yang mansukh, sesuai dengan  permasalahan pada waktu itu. Ini tidak dapat dilakukan sekiranya Al Qur’an  diturunkan sekaligus. (ini menurut pendapat yang mengatakan adanya nasikh  dan mansukh).
  • Turunnya sesuatu ayat sesuai dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi akan  lebih mengesankan dan lebih berpengaruh di hati.
  • Memudahkan penghafalan. Orang-orang musyrik yang telah menayakan mengapa  Al Qur’an tidak diturunkan sekaligus. sebagaimana tersebut dalam Al Qur’an  ayat (25) Al Furqaan ayat 32, yaitu: mengapakah Al Qur’an tidak diturunkan kepadanya sekaligus · Kemudian dijawab di dalam ayat itu sendiri:  ·demikianlah, dengan (cara) begitu Kami hendak menetapkan hatimu
  • Di  antara ayat-ayat ada yang merupakan jawaban daripada pertanyaan atau  penolakan suatu pendapat atau perbuatan, sebagai dikatakan oleh lbnu‘Abbas r.a. Hal ini tidak dapat terlaksana kalau Al Qur’an diturunkan sekaligus.
Ayat  Makkiyah dan ayat Madaniyah
Ditinjau  dari segi masa turunnya, maka Al Qur’an itu dibahagi atas dua golongan :
  • Ayat-ayat yang diturunkan di Mekah atau sebelum Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam  hijrah ke Madinah dinamakan ayat-ayat Makkiyyah
  • Ayat-ayat yang diturunkan di Madinah atau sesudah Nabi Muhammad s.a.w.  hijrah ke Madinah dinamakan ayat-ayat Madaniyyah
  • Ayat-ayat Makkiyyah meliputi 19/30 dari isi Al Qur’an terdiri atas 86 surah, sedang ayat-ayat Madaniyyah meliputi 11/30 dari isi Al Qur’an  terdiri atas 28 surah
Perbedaan ayat-ayat Makiyyah dengan ayat-ayat Madaniyyah
1. Ayat-ayat Makkiyyah pada umumnya pendek-pendek sedang ayat-ayat Madaniyyah panjang-panjang; surat Madaniyyah yang merupakan 11/30 dari isi Al Qur’an  ayat-ayatnya berjumlah 1,456, sedang ayat Makkiyyah yang merupakan 19/30  dari isi Al Qur’an jumlah ayat-ayatnya 4,780 ayat.
Juz 28 seluruhnya Madaniyyah kecuali ayat (60) Mumtahinah, ayat-ayatnya berjumlah 137; sedang juz 29 ialah Makkiyyah kecuali ayat (76) Addahr, ayat-ayatnya berjumlah 431. Surat Al Anfaal dan surat  Asy Syu’araa masing-masing merupakan setengah juz tetapi yang pertama  Madaniyyah dengan bilangan ayat sebanyak 75, sedang yang kedua Makiyyah  dengan ayatnya yang berjumlah 227.
2. Dalam ayat-ayat Madaniyyah terdapat perkataan "Ya ayyuhalladzi na aamanu" dan  sedikit sekali terdapat perkataan ‘Yaa ayyuhannaas’, sedang dalam ayat  ayat Makiyyah adalah sebaliknya.
3. Ayat-ayat Makkiyyah pada umumnya mengandung hal-hal yang berhubungan  dengan keimanan, ancaman dan pahala, kisah-kisah umat yang terdahulu yang  mengandung pengajaran dan budi pekerti; sedang Madaniyyah mengandung  hukum-hukum, baik yang berhubungan dengan hukum adat atau hukum-hukum  duniawi, seperti hukum kemasyarakatan, hukum ketata negaraan, hukum perang,  hukum internasional, hukum antara agama dan lain-lain.

Surah-surah dalam al-Quran
Jumlah surat  yang terdapat dalam Al Qur’an ada 114; nama-namanya dan batas-batas  tiap-tiap surat, susunan ayat-ayatnya adalah menurut ketentuan yang  ditetapkan dan diajarkan oleh Rasulullah sendiri (tauqifi).

Sebagian dari surat-surat Al Qur’an mempunyai satu nama dan sebagian yang lain  mempunyai lebih dari satu nama, sebagaimana yang akan diterangkan dalam muqaddimah tiap-tiap surat.

Surat-surat yang ada dalam Al Qur’an ditinjau dari segi panjang dan  pendeknya terbagi atas 4 bagian, yaitu:
1. ASSAB’UTHTHIWAAL, dimaksudkan, tujuh surat  yang panjang Yaitu: Al Baqarah, Ali Imran, An Nisaa’, Al A’raaf, Al An’aam, Al Maa-idah dan Yunus.
2. Al  MIUUN, dimaksudkan surat-surat yang berisi kira-kira seratus ayat lebih seperti: Hud, Yusuf, Mu’min dsb.
3. Al  MATSAANI, dimaksudkan surat-surat yang berisi kurang sedikit dari seratus  ayat seperti: Al Anfaal. Al Hijr dsb.
4. AL  MUFASHSHAL, dimaksudkan surat-surat pendek. seperti: Adhdhuha, Al Ikhlas,  AL Falaq, An Nas. dsb.

Huruf-huruf Hijaaiyyah yang ada pada permulaan surat
Di dalam  Al Qur’an terdapat 29 surat  yang dimulai dengan huruf-huruf hijaaiyyah yaitu pada surat-surat:

(1)  Al Baqarah, (2) Ali Imran, (3) Al A’raaf. (4) Yunus, (5) Yusuf, (7) Ar  Ra’ad, (8) lbrahim, (9) Al Hijr, (10) Maryam. (11) Thaaha. (12) Asy  Syu’araa, (13) An Naml, (14) Al Qashash, (15) A1’Ankabuut, (16) Ar Ruum.  (17) Lukman, (18) As Sajdah (19) Yasin, (20) Shaad, (21) Al Mu’min, (22) Fushshilat, (23) Asy Syuuraa. (24) Az Zukhruf (25) Ad Dukhaan, (26) Al Jaatsiyah, (27) Al Ahqaaf. (28) Qaaf dan (29) Al Qalam (Nuun).

Huruf-huruf hijaaiyyah yang terdapat pada permulaan tiap-tiap surat  tersebut di atas, dinamakan ‘Fawaatihushshuwar’ artinya pembukaan  surat-surat.
Banyak pendapat dikemukakan oleh para Ulama’ Tafsir tentang arti dan maksud  huruf-huruf hijaaiyyah itu, selanjutnya lihat not 10, halaman 8 (Terjemah)

Wahyu itu Jelas datangnya dari Allah subhanahu wa ta'ala. namun tetap kita harus beriman juga kepada Rosul Shallallahu'alaihi Wasallam." karena wahyu itu datangnya dari Allah subhanahu wa ta'ala melalui malaikat hingga kepada mereka orang-orang yang beriman dan bertakwa yaitu Nabi dan Rosul Shallallahu'alaihi Wasallam." dan semua wahyu-wahyu Allah subhanahu wa ta'ala telah disempurnakan pada Nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam." tiada lain adalah Kitab Suci Al-Qur'an sebagai tuntunan hidup umat manusia sampai akhir zaman.

Allah berfirman dalam surat Al Baqarah :
"Bila Kamu sekalian ragu-ragu terhadap apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (berupa Alquran), buatlah satu surat saja yang sepadan (dengan salah satu surat Alquran) dan panggillah penolong-penolongmu selain Allah bila kamu sekalian benar. Bila kami tidak bisa melakukannya dan pasti tidak akan bisa melakukannya, takutlah kepada api neraka yang bahan bakarnya dari manusia dan batu, yang disiapkan untuk orang-orang kafir." ( Albaqarah 23-24).

Semua yang telah kita pelajari sejauh ini memperlihatkan kita akan satu kenyataan pasti: Al Qur'an adalah kitab yang di dalamnya berisi berita yang kesemuanya terbukti benar. Fakta-fakta ilmiah serta berita mengenai peristiwa masa depan, yang tak mungkin dapat diketahui di masa itu, dinyatakan dalam ayat-ayatnya. Mustahil informasi ini dapat diketahui dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi masa itu. Ini merupakan bukti nyata bahwa Al Qur'an bukanlah perkataan manusia.

Al Qur'an adalah kalam Allah Yang Maha Kuasa, Pencipta segala sesuatu dari ketiadaan. Dialah Tuhan yang ilmu-Nya meliputi segala sesuatu. Dalam sebuah ayat, Allah menyatakan dalam Al Qur'an "Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an ? Kalau kiranya Al Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya." (Al Qur'an, 4:82) Tidak hanya kitab ini bebas dari segala pertentangan, akan tetapi setiap penggal informasi yang dikandung Al Qur'an semakin mengungkapkan keajaiban kitab suci ini hari demi hari.

Apa yang menjadi kewajiban manusia adalah untuk berpegang teguh pada kitab suci yang Allah turunkan ini, dan menerimanya sebagai satu-satunya petunjuk hidup. Dalam salah satu ayat, Allah menyeru kita :
"Dan Al Qur'an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat." (Al Qur'an, 6:155)

Dalam beberapa ayat-Nya yang lain, Allah menegaskan :
"Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir." (Al Qur'an, 18:29)
"Sekali-kali jangan (demikian)! Sesungguhnya ajaran-ajaran Tuhan itu adalah suatu peringatan, maka barangsiapa yang menghendaki, tentulah ia memperhatikannya." (Al Qur'an, 80:11-12)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Iman, Islam, dan Ihsan - Trilogi Risalah Islam

Pengertian Mubahalah dan Risikonya

2932. NAJISKAH MUNTAHAN BAYI ?