Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1438 H / 2017 M

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1438 H / 2017 M
Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1438 H / 2017 M untuk Jakarta, Bandung, dan Kota Lain di Indonesia.

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1438 H / 2017 M harus kita miliki agar tepat waktu dalam melaksanakan ibadah shaum selama sebulan penuh, khususnya waktu mulai puasa --dikenal dengan IMSAK-- dan saat berbuka puasa atau "menyegerakan berbuka puasa" --dikenal dengan TA'JIL.

IMSAK adalah saat atau waktu memulai berpuasa --menahan diri dari makan, minum, dan hal yang dilarang selama puasa atau yang membatalkan shaum.

Untuk jaga-jaga biar nggak "kebablasan", ulama kita sejak dulu menyebutkan WAKTU IMSAK, yaitu 10 menit sebelum waktu Shalat Subuh. Kita tidak dilarang makan-minum selama 10 menit sebelum tiba waktu Subuh itu, namun sebaiknya sudah tidak lagi beraktivitas sahur untuk kehati-hatian.

TA'JIL artinya menyegerakan berbuka puasa, sebagaimana disunahkan Rasulullah Saw. Ta'jil artinya bukan makanan atau waktu berbuka, tapi "cepat-cepat buka puasa". Namun, belakangan Ta'jil identik dengan makanan berbuka puasa.

Sebenarnya, Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1438 H / 2017 M adalah sama dengan Jadwal Waktu Shalat SUBUH dan MAGRIB.



Saat waktu Subuh tiba, itulah saatnya menahan diri dari makan-minum dan yang memabatalkan puasa lainnya (imsak). Saat waktu Maghrib tiba, itulah saatnya kita menyegerakan berbuka puasa (Ta'jil).

Jadi, Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1438 H / 2017 M pada dasarnya adalah Jadwal Waktu Shalat Subuh dan Maghrib.

Berikut ini Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1438 H / 2017 M resmi sebagaimana dirilis Kementerian Agama RI untuk Jakarta dan Bandung.

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1438 H / 2017 M

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1438 H / 2017 M


Untuk Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan KOTA LAINNYA di Indonesia, dapat diunduh di situs resmi Informasi Hisab Rukyat Kemenag RI.

Demikian informasi Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1438 H / 2017 M untuk Jakarta, Bandung, dan Kota Lain di Indonesia. (www.risalahislam.com).*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Iman, Islam, dan Ihsan - Trilogi Risalah Islam

2932. NAJISKAH MUNTAHAN BAYI ?

Arti Pokemon dalam Bahasa Jepang, Inggris, dan Syriac